Fakta Unik Ikan Cupang

Fakta Unik Ikan Cupang

Fakta Unik Ikan Cupang – Ikan cupang saat ini tengah populer di mana-mana, dan jika Anda pernah jalan-jalan ke pasar ikan hias, kemungkinan kamu akan melihatnya di pasar ini. Kalian sendiri bahkan mungkin pernah memperhatikan setiap individu cupang yang dipelihara dalam wadahnya sendiri-sendiri, terpisah dari cupang lainnya. Cupang ini sendiri terkenal karena naluri petarung mereka, tapi itu sendiri bukanlah satu-satunya hal yang menarik tentang hal itu.

Fakta Unik Ikan Cupang

1. Jumlah spesies Ikan Cupang di dunia
Ikan cupang sendiri punya banyak spesies berbeda dan jenis-jenis yang berbeda, termasuk ikan petarung Mekong dan ikan petarung Jawa, juga dikenal sebagai cupang totol.

2. Ikan Cupang dinamai sesuai nama prajurit
Ikan cupang sendiri mendapatkan nama mereka dari klan Slot Online prajurit kuno yang disebut “Bettah.” Kemudian dikenal sebagai ikan petarung karena maraknya popularitas adu ikan pada era 1800-an, terutama di Thailand sana. Saat itu, orang-orang ini sendiri akan bertaruh untuk mengadu keberanian ikan mereka, bukan kerusakan yang mereka timbulkan pada lawannya. Cupang sendiri juga terkadang dikenal sebagai “plakat,” terutama varietas bersirip pendek.

3. Mereka berasal dari Asia Tenggara
Ikan cupang ini sendiri berasal dari daerah aliran sungai Mekong di Thailand, Laos, Vietnam, dan Kamboja. Akan tetapi mereka paling sering ditemukan di sungai Chao Phraya, Thailand. Faktanya, ikan cupang sendiri sekarang dijadikan binatang air nasional Thailand pada awal tahun 2019. Ikan ini sendiri dapat ditemukan di sawah, parit drainase, dataran banjir, dan hampir semua genangan air lainnya di wilayah asalnya. Di habitat ini, mereka sering terdampak banjir badai dan kekeringan.

4. Ikan Cupang sangat variatif
Setelah bertahun-tahun dibiakkan, secara selektif untuk perdagangan ikan hias ini, ekor khas ikan cupang hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Yang paling umum adalah veiltail, tapi ada juga ekor mahkota, ekor sisir/serit, ekor setengah bulan, dan bulu ganda di samping varian lainnya.

Cupang juga tersedia dalam banyak warna berbeda. Kulit mereka mengandung beberapa lapisan pigmen, mulai dari merah, kuning, hitam, iridescent, dan lapisan luar yang tampak metalik, yang mempengaruhi bagaimana warna-warna lain terlihat. Kombinasi berbeda dari lapisan-lapisan ini dapat hadir dalam satu individu, itulah sebabnya ada begitu banyak varietas warna pada ikan cupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.