Masyarakat Indonesia, khususnya yang berkeyakinan Muslim baru saja merayakan hari raya Idul Adha. Perayaan ini selalu dilakukan setiap tahun sekaligus untuk beribadah.

Biasanya, pada perayaan Idul Adha, warga memotong kambing atau sapi untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

Setelah dipotong, daging hewan tersebut di bagi-bagikan kepada warga sekitar, termasuk warga yang beragama non muslim.

Namun, baru-baru ini ada sebuah unggahan di Twitter yang membuat heboh warganet karena adanya daging kurban yang masih bergerak saat ingin dimasak.

Warga Heboh Melihat Daging Kurban Yang Masih Bergerak

Idul Adha menjadi salah satu momen penting yang dinanti umat muslim di penjuru dunia. Perayaan setahun sekali ini identic dengan limpahan daging kurban sapi maupun kambing.

Biasanya, daging kurban yang didapat seseorang akan langsung diolah, seperti yang dilakukan oleh pengguna Twitter ini.

Namun, betapa kagetnya dia saat mengetahui daging kurban tersebut masih bergerak saat ingin dimasak.

Melalui akunnya dengan nama @tterororo, warganet dari Malaysia ini berbagi kisah ketika ia mendapati potongan daging kurban yang berkedut tanpa henti.

Dalam video yang dibagikan, terihat warganet ini bersiap untuk memotong daging kurban yang didapat. Namun, ia terhenti karena kaget sepotong daging masih terlihat bergerak.

GUYS KENAPA DAGING KORBAN NI GERAKKKKKK Mak aku taknak masak sebab takut   — Yo! Artist (@tterororo) July 31, 2020

“Mengapa dagingnya bergerak? Ibuku menolak memasaknya karena dia takut,” keterangan video yang ditulis @tterororo.

Unggahan tersebut lalu menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka yang menanggapinya dengan berbagai komentar.

“Sekitar 3 tahun yang lalu saya dulunya adalah panitia pengorbanan, jadi kebetulan saya dan pacar saya memotong daging seperti itu. Nah, begitu daging yang saya pegang ingin dipotong, dia masih bergerak seperti itu. Semakin erat saya pegang, semakin kaya ia memberontak hehe. kata ibu2 si itu wajar. hehe,” tulis akun @sayangisayaaa.

“Memang benar bahwa daging sapi yang baru saja disembelih ada di sini untuk dimasak dengan cepat atau dibekukan, jika tidak, daging akan mencari sel-sel yang dipisahkan dan disatukan kembali. Ketika semuanya disatukan kembali, Anda mengerti apa yang akan terjadi pada tukang dagingnya,” kata akun @Uncle_Cheungg.

“Letakan kembali daging itu dalam kulkas. Nanti dia akan berubah menjadi sapi kembali,” sahut akun @spartabad02.

Hingga sekarang, unggahan tersebut masih menjadi viral dan telah mendapatkan lebih dari 13 ribu retweet dan lebih dari 20 ribu like.

Menurut Scientific American seperti melansir dari World of Buzz, Minggu (2/8/2020), fenomena seperti ini sebenarnya normal.

“Ketika seekor makhluk mati, neuron-neuronnya tidak berhenti bekerja segera. Selama masih ada energi yang cukup di sekitar untuk mempertahankan potensi membran itu, neuron akan bekerja.”

Jadi kamu tak perlu khawatir jika mendapati daging yang akan diolah masih bergerak, ini berarti bahwa daging yang kamu miliki masih segar. Sebaiknya kamu membiarkannya terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi masakan.

Gerakan daging bukan bergeser atau berpindah namun bergerak dari salam. Salah seorang doter hewan di Kota Tasikmalaya, drh Aceu, ketika dikonfirmasi terkait itu mengatakan, bergeraknya sendiri daging tersebut dalam dunia medis masuk dalam tahapan rigor mortis.

“Itu (dalam postingan video, Red) kelihatannya daging segar dan sedang masuk pada tahapan rigor mortis dimana terjadi proses kekakuan atau disebut juga kejang mayat,” kata Aceu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *