Menikah merupakan salah satu momen yang paling membahagiakan bagi semua orang. Bisa bersama dengan orang yang dicinta seumur hidup menjadi sebuah kebahagiaan manusia.

Namun, sebelum menikah ada banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti biaya hidup, pekerjaan yang tetap, pendapatan yang stabil, dan harta lainnya.

Salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah saat pernikahan. Untuk menyelenggarakan pernikahan, kita harus punya biaya untuk menikah.

Biaya tersebut untuk membeli makanan, sajian, undangan, sewa tempat, dan satu yang paling penting, mahar.

Pasangan di Lombok Menikah Dengan Mahar Sederhana

Ketika menikah, mempelai pria akan memberikan mahar atau mas kawin kepada mempelai wanita. Biasanya mahar sesuai dengan permintaan calon mempelai wanita.

Bentuk mahar juga sangat beragam. Bisa saja berupa uang, emas, atau benda-benda berharga lainnya. Namun, belum lama ini ada sebuah berita viral dimana isinya mengenai sepasang pengantin di Lombok yang menikah dengan mahar sepasang sandal jepit dan air putih.

Mempelai pria merupakan seorang warga desa Braim, kecamatan Praya Tengah, Lombok, Nusa Tenggara Barat, bernama Iwan Firman Wahyudi atau biasa di sapa Yudi.

Yudi baru saja mempersunting gadis cantic bernama Helmi Susanti dengan mahar sepasang sandal jepit serta segelas air putih.

Pernikahan tersebut berlangsung pada Jumat 3 Juli 2020 pada pukul 20.00 WITA. Di kediaman mempelai laki-laki.

Rupanya, pemilihan mahar tersebut berdasarkan permintaan istrinya sendiri. Melalui sebuah video di akun Youtube Lombik Milenial, Istri Yudi, Helmi yang mengatakan hal tersebut.

“Ini kemauan saya sendiri. Yang penting lunas” terangnya.

Tentu saja hal ini memicu berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit yang salut dengan Helmi karena tak memberatkan pengantin pria.

“Memang harusnya tidak memberatkan pria… Semoga sakinah mawaddah warohmah,” tulis Bajoel Koplak.

“Itulah cinta sejati,tulus,murni apa adanya.pokoknya,” timpal Agus Mbut .

“Subhanallah jadi pengen dapet yang kaya begini juga,” tambah DEDE M27.

Video pernikahan pasangan ini pun viral di media social. Dalam video berdurasi 10 menit 24 detik tersebut terlihat pengantin pria mengenakan baju putih lengan panjang, sarung merah, dan peci beberapa kali mengulan pengucapan ijab Kabul.

Sementara sang pengantin wanita mengenakan baju merah muda dan jilbab se warna duduk di sebelah kirinya.

“Aku kawin kamu kanca Helmi dengan maskawin sandal jepit sepasang dengan air segelas,” ucap pengantin pria dalam video tersebut itu.

Kemudian para tamu yang datang berteriak sah. Usai ijab kanul, pengantin pria memberikan maskawian sandal jepit putih yang dibungkus ke dalam kotak kepada Helmi.

“Nih maskawain sandal sepasang dan air segelas” kata pengantin pria. Ia pun memberikan segelas air kepada pengantin perempuan.

Setelah itu Helmi langsung meminum air yang berada di gelas keramik berwarna coklat tersebut. Helmi mengaku ia punya alasan mengapa meminta sandal jepit dan segelas air sebagai maskawin pernikahannya.

Ia mengaku tidak ingin memberatkan sang suami. “Saya tidak mau menyusahkan suami saya dan keluarganya,” kata Helmi

Kata Helmi, sandal jepit yang merupakan mas kawinnya itu akan di pajangnya. Ia ingin sandal jepit itu menjadi kenangan yang bisa dibagikan kepada anaknya nanti.

Sementara maskawin segelas air putih sudah ia minum setelah akad nikah. “Tidak ada nilai sejarah mengapa mau sandal jepit, hanya mau jadi kenang kenangan yang akan diceritakan pada anak nanti.” Ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *